(16 Juli 201) 2.973 Korporasi, XL Tambah Kapasitas Bandwidth

JAKARTA - PT XL Axiata Tbk telah mengalokasikan bandwidth sebesar dua λ (lambda), atau sekira 20 Giga untuk memenuhi kebutuhan layanan pelanggan korporasinya. XL mengklaim saat ini melayani 2.973 perusahaan klien.

"Secara keseluruhan pelanggan korporasi XL masih menyumbang sekira 10 persen terhadap total pendapatan perusahaan. Industri perbankan dan finansial masih mencatat kontribusi terbesar dengan 60 persen," kata Titus Dondi, VP Enterprise & Carrier XL di sela Indonesia Cellular Show (ICS) 2010, Jakarta Convention Center, Senayan, Kamis (15/7/2010) malam.

"Sampai saat ini utilitas bandwidth tersebut telah terpakai 70 persen, bandwith itu kapasitasnya khusus dibuka untuk pelanggan korporasi dan wholesale kami," kata Titus

Layanan bagi pelanggan korporasi meliputi layanan data (internet) dan suara. Titus mengatakan layanan data meliputi leased line dan MPLS (multi protocol label switching) serta metro ethernet. Leased line dan MPLS biasanya dipakai oleh pelanggan enterprise dengan banyak kantor cabang karena infrastruktur dan investasi yang dibutuhkan cukup besar.

"Untuk metro ethernet umumnya diadopsi perusahaan skala kecil menengah, yang biasanya menawarkan bandwidth mulai dari 256 Mbps sampai 1Gbps," ujar Titus.

Untuk layanan suara, perusahaan di bawah payung Axiata group itu menghadirkan layanan suara (voice), termasuk CUG (close user group) dan BlackBerry Enterprise Server (BES).

"Pelanggan bisa menghemat biaya komunikasi internal perusahaan hingga 20 persen. BES memungkinkan integrasi push mail dengan intranet perusahaan," kata Titus.

Di ajang ICS 2010 ini, XL juga mengumumkan update kerja samanya dengan lima perusahaan korporasi, termasuk implementasi Internet VPN over 3G/GPRS dan CUG dengan PT Lotte Mart Indonesia, Bank Commonwealth, PT Star Cosmos, PT Starcom Solusindo, dan Universitas Bina Nusantara






Sumber : okezone.com

0 komentar: