(14 Juli 2010) i-klan Store, Portal Mobile Advertising Swalayan Indosat


JAKARTA - Ajang pameran ICS kerap menampilkan inovasi-inovasi baru teknologi dari para pemain di industri telekomunikasi. Di ICS 2010 kali ini, Indosat bersama dengan anak perusahaannya IM2, meluncurkan i-klan Store, yaitu portal mobile and internet advertising swalayan (self service) pertama di dunia yang dapat digunakan oleh siapapun, baik agency, pemasang iklan maupun pelanggan untuk melakukan segala transaksi beriklan secara online.

Berbagai transaksi melalui i-klan Store ini antara lain memilih inventory (kelompok yang akan disasar pemasang iklan), memilih kanal i-klan yang akan digunakan untuk pengiriman content i-klan, melakukan kampanye iklan, melakukan transaksi pembayaran, hingga mengikuti tender, mengecek informasi, menerima laporan secara online dan sebagainya.

"Indosat telah memelopori diluncurkannya layanan i-klan ini di Indonesia yaitu mobile & internet advertising channel atau media beriklan melalui ponsel serta PC/Notebook, sebagai alternatif dari media beriklan konvensional seperti cetak, radio atau televisi," ujar Teguh Prasetya, Group Head Value Added Service Marketing Indosat di ajang ICS 2010, JCC, Rabu (14/3/2010).

Media beriklan melalui ponsel atau mobile advertising di beberapa negara saat ini sudah mulai digemari, karena lebih praktis dan tepat sasaran. Iklan langsung dikirimkan ke ponsel penerima sesuai dengan target market pemasang iklan. Pemasang iklan pun bisa memilih iklan yang akan dikirimkan ke pelanggan yang ada di suatu wilayah tertentu, dengan target umur, pendidikan atau jenis kelamin tertentu.

"Dengan adanya i-klan Store, baik agency, pemasang atau calon pemasang iklan, maupun pelanggan bisa memperoleh informasi dan melakukan semua transaksi berkaitan dengan i-klan secara online secara lebih praktis dan efisien,” kata Teguh Prasetya

Selain meluncurkan i-klan Store, Indosat juga menambah kanal i-klan untuk melengkapi media delivery channel mobile advertising yang telah dimiliki sebelumnya, yaitu text messaging (SMS). Tambahan media channel delivery yang baru adalah MMS, WAP banner dan icon, insertion text on UMB, USSD dan UMB Push, ring back tone dengan iklan, paket perdana khusus i-klan, dan Utones (pop up tampilan gambar iklan dalam format GIF animation yang muncul di layar ponsel pelanggan setiap kali ada pesan atau panggilan telepon masuk).

Saat ini, pelanggan Indosat yang berlangganan i-klan mencapai 1,5 juta, sedangkan pelanggan yang mengakses namun tidak berlangganan i-klan berjumlah sekitar 16 juta.

Keuntungan yang diterima pelanggan dengan berlangganan i-klan adalah mendapat poin apabila iklan muncul di layar ponsel pelanggan. Poin yang diberikan kepada pelanggan atas penerimaan iklan bernilai sebesar 50 rupiah yang dapat diakumulasikan dan ditukar dengan pulsa Indosat dan merchant.

Pelanggan dapat mengecek poin yang telah didapat dengan menggunakan ponsel sendiri atau orang lain, cukup dengan memasukkan nomor ponsel serta password pelanggan. Dengan adanya i-klan Store, pelanggan juga dapat mengecek poinnya secara online melalui portal i-klan Store tersebut.

Pengguna dapat mengakses via ponsel ke www.indosat.com/i-klan atau http://www.iklanstore.net.





Sumber: okezone.com

0 komentar: