(Juni 2010)XL - ICT Watch Sosialisasikan Internet Sehat di Ajang CommunicAsia 2010

Jakarta, 15 Juni 2010, Akses internet semakin menjadi kebutuhan masyarakat di seluruh dunia. Pemerintah di seluruh dunia pun merasa perlu memasyarakatkan internet ke secara merata karena dinilai bisa mendorong kemajuan ekonomi dan kehidupan sosial masyarakatnya. Atas besarnya manfaat positif jaringan internet tersebut, melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) XL dan ICT Watch secara konsisten melakukan sosialisasi program Internet Sehat di ajang CommunicAsia 2010 di Singapura, sekaligus meluncurkan buku panduan memanfaatkan internet secara dan positif.

Head of Corporate Communication XL – Febriati Nadira mengatakan, “Buku ini sudah kami persiapkan jauh-jauh hari sebelum sejumlah kasus penyebaran konten-konten berbau pronografi melalui internet marak terjadi akhir-akhir ini. XL dan ICT Watch melihat, selain kaya manfaat positif, internet juga dapat dipergunakan secara menyimpang untuk melakukan hal-hal negatif, antara lain pornografi, perjudian, juga penipuan. Sebagai operator penyedia layanan internet, XL yang saat ini memiliki sekitar 13,5 juta pengguna internet, merasa bertanggung jawab untuk mengingatkan masyarakat agar selalu memanfaatkan internet secara positif.”

Buku Internet Sehat yang diluncurkan ini adalah edisi ke-2, setelah edisi pertama diterbitkan pada tahun 2007. XL dan ICT Watch mendistribusikan secara gratis ke berbagai komunitas pendidikan termasuk sekolah-sekolah di seluruh Indonesia, juga ke masyarakat luas terutama orang tua yang anak-anaknya aktif mengakses internet.

Sementara itu, Arif Sanusi - Publication & Campaign Officer untuk Internet Sehat mengatakan, “Peluncuran buku panduan Internet Sehat sengaja kami ambil momentum ajang CommunicAsia 2010 dengan tujuan mengingatkan kita semua di tanah air bahwa perkembangan teknologi infastruktur telekomunikasi dan Internet haruslah dibarengi dengan berbagai upaya menumbuhkan konten lokal yang bermanfaat dan etika berjejaring di dunia maya secara sehat.”

Buku Internet Sehat ini berisi berbagai informasi seputar dunia internet, termasuk dampak negatif atau positif yang bisa ditimbulkannya. Kiat-kiat bagi kalangan pendidik dan orang tua untuk menjauhkan anaknya dari dampak negatif juga banyak diberikan, baik untuk anak usia dini, masuk usia remaja, hingga remaja. Ada pula pemaparan tentang aplikasi yang bisa diterapkan untuk menangkal informasi negatif. Bahkan juga ada alamat-alamat website yang direkomendasikan karena kontennya yang sangat bagus untuk pendidikan.

XL dan ICT Watch menjalin kerjasama dalam program Internet Sehat sejak 2006. Program ini lebih merupakan kampanye untuk mengingatkan masyarakat luas agar memanfaatkan jaringan internet secara bijak untuk hal-hal positif. XL dan ICT Watch meyakini, internet akan mampu mendatangkan manfaat positif yang sangat banyak jika dipergunakan secara benar. Namun, kecanggihan internet juga bisa mendatangkan dampak negatif jika dipergunakan secara menyimpang. Selain menerbitkan buku, XL dan ITC Watch secara reguler juga melakukan roadshow ke berbagai kota di Indonesia menemui kalangan pelajar dan pendidik dan melangsungkan seminar maupun diskusi mengenai bagaimana memanfaatkan internet secara maksimal dan positif. Informasi lebih lanjut mengenai program Internet Sehat termasuk juga mengunduh buku Internet Sehat bisa melalui alamat situs http://www.internetsehat.org.

Info ini juga bisa anda akses disini

0 komentar: