(27 Juli 2010) Per Bulan Indosat Dapat Rp 5 Miliar dari Android 

 

Achmad Rouzni Noor II - detikinet
Jakarta - Meski Android baru beberapa bulan dilayani jaringan Indosat, namun operator seluler itu sudah bisa mengantungi pendapatan sekitar Rp 5 miliar setiap bulannya.

Menurut Group Head VAS and Brand Marketing Indosat, Teguh Prasetya, saat ini sudah ada 50 ribu pelanggan selulernya yang mengoperasikan jaringan data untuk handset dengan platform terbuka besutan Google tersebut.

"ARPU (average revenue per user atau pendapatan per pelanggan) dari Android sekitar Rp 100 ribu," ujarnya kepada detikINET, Sabtu (26/6/2010).

Jika dihitung secara matematika sederhana, maka Indosat bisa mengantungi pendapatan kotor Rp 5 miliar setiap bulannya dari Android.

Android terbilang masih baru di Indonesia. Namun peranti yang menggunakan sistem operasi ini mulai diminati banyak pengguna, meski masih jauh dibanding BlackBerry dan Nokia.

"Dari 39,1 juta pelanggan Indosat, 60% di antaranya menggunakan Nokia. Sementara yang menggunakan BlackBerry sudah 380 ribu," kata Teguh.

Hampir mirip dengan Indosat, operator XL Axiata juga masih didominasi oleh pelanggan yang menggunakan Nokia. Bahkan menurut Budi Harjono, Head of Marketing Mobile Data Service XL, dari 32,9 juta pelanggan XL ada 70% di antaranya yang menggunakan ponsel rancangan perusahaan asal Finlandia tersebut.

"Nokia masih mendominasi sekitar 70%. Sisanya menggunakan smartphone lain. Kami juga punya 400 ribu pelanggan yang berlangganan BlackBerry dan 20 ribu yang menggunakan iPhone," kata Budi.



Info ini juga bisa anda baca disini

0 komentar: