( 16 Agustus 2010) Flexi Siapkan 3,5 Juta Nomor Virtual Menghadapi Mudik Lebaran


Jakarta - Lebaran masih jauh, namun Telkom sudah mengantisipasi jika terjadi lonjakan trafik pada layanan Flexi. Selain memperkuat infrastruktur jaringan, telepon fixed wireless access (FWA) ini juga menyiapkan jutaan nomor virtual bagi para pemudik.

Nomor virtual yang dikenal dengan nama Flexi Combo adalah fitur andalan Flexi untuk "mengakali" nomor FWA yang sejatinya terbatas kode area, namun tetap bisa digunakan untuk berkomunikasi di luar kode area itu layaknya seluler.


Bedanya, untuk menikmati layanan ini, pelanggan Flexi harus mengaktivasi lewat *777. Menurut Executive General Manager Telkom Flexi, Triana Mulyatsa, pihaknya tahun ini akan menyiapkan 3,5 juta nomor virtual Flexi Combo.

"Kami menyediakan nomor combo sama dengan Lebaran tahun lalu, 3,5 juta nomor. Namun secara sistim disiapkan kelonggaran 20%-30% dari kapasitas tersedia untuk mengatasi lonjakan permintaan kala pelanggan mudik. Sampai 4,5 juta nomor combo rasanya masih bisa," kata dia dalam keterangan tertulis, Senin (16/8/2010).

Triana memprediksi, permintaan nomor combo akan tinggi untuk dua area, yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur. Area Jawa Timur bahkan diperkirakan bisa melonjak 35%-40% dibanding musim mudik Lebaran tahun lalu.

Flexi saat ini melayani 16,2 juta pelanggan dan diperkirakan akan meraih lonjakan trafik 20%-30% untuk layanan suara, SMS, dan data selama Ramadan dan menjelang Lebaran nanti dibanding hari-hari normal biasanya.

Pada hari normal, Flexi yang diperkuat 5.600 infrastruktur radio Base Transceiver Station (BTS) dengan teknologi CDMA biasa melayani 2 juta SMS per hari, 22 juta menit panggilan suara per hari, dan konsumsi bandwidth untuk layanan data sebesar 23 Gbps.

Khusus untuk mengantisipasi lonjakan pengiriman SMS, Flexi menyediakan dua SMS center yang mampu menangani 8 juta SMS per hari. Selain itu, untuk menangani pengiriman SMS ke operator GSM, disediakan gateway khusus yang mampu memproses 10 ribu SMS per detik.

"SMS menjadi perhatian khusus karena pelanggan masih menggunakan jasa ini untuk mengucapkan selamat berlebaran. Apalagi Flexi memiliki layanan long SMS dan Flexi milis," pungkas Triana.










Via : detikinet

0 komentar: