Indonesia Berprestasi Award 2010

XL Mencari Warga Negara Berprestasi Pengabdi Masyarakat

Jakarta, 20 Mei 2010, PT XL Axiata Tbk (XL) kembali menggelar program Indonesia Berprestasi Award (IBA). Program yang menginjak penyelenggaraan tahun ke-4 ini kembali akan mencari warga negara Indonesia berprestasi yang pengabdian dan daya usahanya telah memberikan solusi dan manfaat serta dorongan positif bagi perbaikan kualitas hidup masyarakat luas. Acara peluncuran IBA 2010 dilakukan bertepatan dengan hari peringatan Kebangkitan Nasional oleh Dirjen Pos dan Telekomunikasi – Muhammad Budi Setiawan dan Presiden Direktur XL – Hasnul Suhaimi di Jakarta, Kamis (20/5).
Hasnul Suhaimi mengatakan bahwa, “IBA telah digelar 3 tahun, dan selama itu pula kami menemukan ribuan warga negara di seluruh wilayah Indonesia yang memiliki prestasi dan bersedia mengabdikan dirinya bagi kepentingan masyarakat. Dan XL berharap ke depan IBA dapat menjadi salah satu wahana untuk melahirkan orang-orang berprestasi yang melahirkan karya-karya bermanfaat bagi masyarakat luas.”

Pada penyelenggaraan tahun ini, selain kategori perseorangan, IBA menambah kategori kelompok/komunitas. Adapun kategori berdasarkan bidang terdiri dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Sosial Kemasyarakatan dan Kewirausahaan, serta Seni dan Budaya. Untuk kategori perseorangan, pada setiap bidang akan dipilih satu orang yang akan menerima penghargaan IBA. Sedangkan untuk kategori kelompok, hanya akan dipilih satu kelompok yang akan menerima penghargaan. XL memberikan apresiasi berupa uang tunai senilai total Rp.200.000.000,- (dua ratus juta rupiah) atau masing-masing sebesar Rp.50.000.000,- (lima puluh juta rupiah). Selain itu, XL juga memberikan trofi karya seniman Dolorosa, medali dan piagam penghargaan.

Dewan Juri akan terdiri dari Prof. Dr.Umar Anggara Jenie (Ketua LIPI), DR. Ninok Leksono (wartawan senior), Adrie Subono (pengusaha), Dr. Imam B Prasodjo (Sosiolog dan penggiat masyarakat sipil), Atiqah Hasiholan (Artis dan sosialita), serta Dian Siswarini (Direktur Network XL). Dewan juri dipilih berdasarkan kompetensi mereka, dan memiliki hak mutlak untuk menentukan peraih penghargaan IBA 2010.

IBA 2010 terbuka bagi masyarakat umum. Secara umum, ketentuan bagi kandidat baik perseorangan maupun kelompok antara lain adalah memiliki karya nyata yang terbukti memiliki manfaat bagi masyarakat luas. Sementara itu bagi kandidat perseorangan, usia diharapkan kurang dari 40 tahun. Panitia IBA 2010 akan mulai menerima usulan kandidat sejak program ini dibuka pada hari ini. Team IBA juga akan melakukan serangkaian sosialisasi ke seluruh daerah Indonesia, termasuk melalui media cetak, media elektronik, serta media jejaring sosial. Keterangan lebih lanjut tentang pengiriman usulan kandidat dan IBA 2010 bisa dilihat melalui www.xl.co.id/ibawards

Indonesia Berprestasi Award (IBA), merupakan sebuah penghargaan terhadap warga negara Indonesia yang terus berkarya dan memberikan kontribusi secara nyata bagi masyarakat Indonesia. Ajang penghargaan ini merupakan program yang berkelanjutan sejak diselenggarakan kali pertama pada tahun 2007 yang lalu, dan selama ini telah berhasil menjaring beberapa anak bangsa yang telah berprestasi demi kemajuan bangsa.

Penghargaan IBA antara lain telah diberikan kepada Frederik Sitaung – seorang guru di pelosok hutan Merauke Papua yang telah mengabdi selama sekitar 20 tahun, Sudiyanto – warga Banyumas yang berhasil membuat mesin pompa air tenaga air yang sangat berguna bagi masyarakat petani pedesaan yang kekurangan pengairan, Toto Sugito – inisiator gerakan Bike to Work, Gola Gong – pendiri tempat belajar dan berkarya Rumah Dunia bagi anak-anak di Banten, Susi Pudjiastuti - pengusaha sukses asal Pangandaran yang memberdayakan dan mengangkat perekonomian nelayan di berbagai pelosok Indonesia, serta Bambang Suwerda – pendiri Bank Sampah di Bantul yang berhasil mengubah pandangan masyarakat dalam mengelola sampah. Dan masih banyak warga negara berprestasi lainnya yang telah mendapat penghargaan IBA sejak tahun 2007.

Info ini juga bisa anda lihat dari sumber nya yang ada disini

0 komentar: