I-STOCK


I-STOK adlah aplikasi untuk menjawab kebutuhan pelanggan akan adanya informasi pasar saham secara realtime. Layanan i-stock bisa dipergunakan pada handset BlackBerry dengan versi software 4.1 keatas dimana data akan dikirim lewar jaringan GPRS/EDGE/3G Indosat yang terkuat dan terluas.
Saat ini layanan i-stock bisa digunakan di handset BlackBerry. Selanjutnya sedang dikembangkan layanan ini agar berjalan di handset non BlackBerry. Untuk mempermudah pelanggan melakukan monitoring informasi stock exchange secara lebih detail untuk suatu kode saham tertentu, maka i-stock juga dilengkapi dengan personal quotation. Lewat menu ini pelanggan dapat melakukan monitoring perubahan nilai naik atau turun untuk setiap kode saham yang diinginkan, bid, dan offer value. i-stock memberikan informasi perbedaan nilai saham dimana warna angka tertentu mewakili perbedaan tersebut.
  • Hijau: nilai saham hari ini lebih tinggi daripada nilai saham kemarin
  • Merah: nilai saham hari ini lebih rendah daripada nilai saham kemarin
  • Hitam: nilai saham hari ini sama dengan nilai saham kemarin
i-stock juga memberikan informasi updated news setiap harinya bagi pelanggan Indosat.
Transfer data layanan i-stock akan melalui APN indosatgprs. Maka berlaku ketentuan sebagai berikut:

1.Saat ini layanan i-stock yang tersedia adalah paket Basic dan sedang dikembangkan ke fitur premium. Fitur-fitur menarik yang ada didalam layanan i-stock Basic adalah sebagai berikut:

  • Market Summary
  • 5 Most Active Stock
  • 5 Personal Quotation/My Quote
  • News
2.Bila pelanggan adalah pelanggan Matrix BlackBerry maka pelanggan diharuskan untuk menggunakan salah satu paket GPRS Indosat yaitu:

3.Pelanggan tidak diharuskan untuk berlangganan BlackBerry untuk dapat menggunakan layanan i-stock. Yang harus dimiliki oleh pelanggan minimal adalah account Matrix Indosat, salah satu paket GPRS dan Handset BlackBerry.

4.Untuk pelanggan Matrix Auto, Mentari dan IM3, sementara belum dapat menggunakan layanan i-stock.

Fitur-fitur
Fitur ini menampilkan:
◦Indeks Harga Saham Gabungan yang menunjukan indeks harga saham gabungan (composite index) saat ini dan perbedaan nilai maupun persentase antara indeks harga saham gabungan hari ini dengan penutupan hari sebelumnya. Ada 3 macam warna yang mengindikasikasikan perbedaan harga saham hari ini dengan penutupan hari sebelumnya antara lain:
  • Hijau menunjukkan bahwa harga saham hari ini lebih tinggi daripada harga penutupan saham hari sebelumnya.
  • Merah menunjukkan bahwa harga saham hari ini lebih rendah daripada harga penutupan saham hari sebelumnya.
  • Hitam menunjukkan bahwa harga saham hari ini sama dengan harga penutupan saham hari sebelumnya.
Advancers/Decliners/Unchanged yang menunjukan jumlah saham yang harganya meningkat, menurun atau tetap tanpa perubahan (dalam perbandingan dengan harga penutupan hari sebelumnya).


Total Volume, Nilai Pasar dan Frekuensi Transaksi


  • Mkt Vol (mn) menunjukkan ringkasan total volume pasar dalam satuan million atau jutaan(jumlah total lembar saham yang terjual dalam transaksi saham hari ini).
  • Mkt Val (bn) menunjukkan total nilai penjualan saham dalam transaksi saham hari ini dalam satuan billion atau miliar Rupiah maupun mata uang asing lain sesuai dengan jenis pasar yanng dipilih.
  • Mkt Freq menunjukkan total frekuensi transaksi seluruh saham hari ini.
My Quote / Personal Qutation


Fitur ini digunakan untuk memantau perkembangan masing-masing saham seperti Last (harga terakhir), Bid dan Offer Value (nilai penawaran beli dan jual). Informasi yang ditampillkan dalam menu ini adalah papan perdagangan reguler yang bisa menampilkan hingga 7 kode saham yang berbeda. Untuk kemudahan, informasi ditampilkan dalam kode warna:

  • Hijau – harga saham meningkat dibandingkan harga penutupan hari sebelumnya.
  •  Merah – harga saham menurun dibandingkan harga penutupan hari sebelumnya.Hitam – harga saham sama dengan harga penutupan hari sebelumnya.
    Dalam menu ini user dapat memasukkan dan menyimpan kode saham, mengganti kode saham dengan kode saham lainnya maupun menghapus kode saham tertentu.
Most Active Stock


Viewer ini memungkinkan user untuk melihat saham yang paling aktif dalam perdagangan hari ini. Informasi dapat dilihat berdasarkan nilai perdagangan atau frekuensi perdagangan. Untuk kemudahan, informasi ditampilkan dalam kode warna:

  •  Hijau – harga saham meningkat dibandingkan harga penutupan hari sebelumnya.
  •  Merah – harga saham menurun dibandingkan harga penutupan hari sebelumnya.
  •  Hitam – harga saham sama dengan harga penutupan hari sebelumnya.
News
Viewer ini menampilkan berita, pengumuman dan teks lain berdasarkan informasi yang didapatkan dari StockWatch News. Selain dari fitur basic diatas juga terdapat fitur-fitur premium seperti: Currency Quote, Running Trade, Major indicies, dan Chart. Pelanggan dapat memperoleh aplikasi i-stock dengan mendowloadnya langsung lewat handset dengan tiga cara:

  • Klik icon i-go yang muncul dihandset BlackBerry dan pilih icon i-stock . Klik icon i-stock untuk langsung download aplikasi. Bila icon i-go belum muncul di handset BlackBerry, maka lakukan langkan registrasi handset yaitu dari homescreen pilih menu options>advanced options>host routing table dan tekan tombol menu. Maka akan muncul pilihan “Register Now”. Klik dan email registrasi akan diterima langsung oleh handset dan icon i-go akan muncul di handset BlackBerry.
  • Pilih menu browser dan ketikkan URL: http://wap.indosat.com dan pilih icon i-stock. Klik icon i-stock untuk langsung download aplikasi.
  • Pelanggan bisa juga mendownload aplikasi i-stock dari website Indosat dan melakukan instalasi aplikasi tersebut dengan menggunakan BlackBerry Desktop Manager. Panduan instalasi lewat BlackBerry Desktop Manager dapat didownload dari website Indosat dengan judul “Readme sebelum download i-stock” .

0 komentar: