Paten Vendor Ponsel Mini Asal Israel,Di Beli Google





Ponsel Modu (SFGate)


Jakarta - Google rela menghabiskan USD 4,9 juta di pekan ini demi memiliki puluhan paten yang dimiliki Modu, perusahaan pembuat ponsel mini asal Israel yang sudah bangkrut. Apa pertimbangan Google memborong paten Modu?

Nama Modu sendiri mungkin belum dikenal. Namun sejatinya, perusahaan ini sempat mendapat sorotan ketika memamerkan ponsel mungil besutannya di ajang Mobile World Congress pada Februari 2008.

Kala itu, si pendiri Modu, Dev Moran, berkelakar bahwa Modu bisa mengalahkan Nokia. Dia bahkan membuat lelucon dengan menyebutkan, yang bisa dilakukan Nokia adalah pergi ke gereja, berdoa dan membanting booth Nokia yang membosankan.

Apa yang dikatakannya bahwa pamor Nokia menurun, bisa jadi ada benarnya. Namun itu bukan karena Modu, melainkan karena kehadiran Apple dan handset Android. Sedangkan ponsel mini kebanggaan Modu sendiri, nyatanya tidak pernah muncul dan membuat gebrakan seperti yang diumbar Moran. Dan Modu pada akhirnya bangkrut di tahun ini.

Nah, ketika patennya dibeli Google, tentu ini sesuatu yang menarik, mengingat Google kian gencar melakukan penetrasi di ranah mobile. Dilansir San Fransisco Gate dan dikutip detikINET, Senin (23/5/2011), para analis memperkirakan, bisa jadi paten yang dibelinya ini untuk semakin memperkuat Android.

Spekulasi pun mulai muncul. Dengan memborong paten Modu, akankah Google menghadirkan ponsel Android berukuran mini? Atau mungkinkah paten tersebut bisa membantu upaya Google meyakinkan para developer membangun lebih banyak peripheral Android?.

Google memang tidak menjawab semua dugaan tersebut. Tetapi tampaknya, raksasa internet ini tengah berupaya membangun portfolio patennya untuk melindungi tuntutan melawan Apple, Microsoft dan perusahaan lain yang mengusiknya di ranah mobile.

sumber : detikinet.com

0 komentar: